Cara dan Biaya Pengambilan Akta Cerai di Pengadilan Agama

Posted on

Seseorang baru bisa mengambil akta cerai di pengadilan agama setelah permohonan atau gugatan cerainya di kabulkan oleh majelis hakim dan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht). Bagi agan sista yang permohonan atau gugatan cerainya ditolak oleh majelis hakim atau sudah dikabulkan oleh majelis hakim tetapi masih ada upaya hukum lain dari pihak termohon atau tergugat seperti verzet, banding dan seterusnya, maka agan sista belum bisa mengambil dan mendapatkan akta cerai.

Nah jika perkara permohonan atau gugatan agan sista sudah berkekuatan hukum tetap, silahkan agan sista tanyakan saja langsung ke pihak pengadilan, apakah akta cerai agan sista sudah ada atau belum. Biasanya waktu yang dibutuhkan sampai keluarnya akta cerai adalah kira-kira 1 sampai 2 bulan setelah perkara tersebut berkekuatan hukum tetap.

Akta cerai sendiri merupakan akta otentik yang dikeluarkan oleh pengadilan agama sebagai bukti bahwa agan sista sudah bercerai (tidak berumah tangga lagi). Akta cerai ini akan diminta oleh pihak Kantor Urusan Agama (KUA) pada saat agan sista ingin melangsungkan pernikahan lagi dengan orang lain.

Cara pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama dapat dilakukan dengan tiga macam cara yaitu akta cerai ambil sendiri oleh agan sista, akta cerai diambil oleh pihak keluarga agan sista (kuasa insidentil) serta akta cerai dapat diambil oleh pengacara (advokat / kuasa hukum) agan sista.

cara mengambil akta cerai, biaya akta cerai, syarat mengambil akta cerai, akta cerai di pengadilan agama, cara bayar akta cerai

Nah dibawah ini kang asep informasikan beberapa cara serta syarat pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama :

  • Akta Cerai Diambil Sendiri
    Jika perkara agan sista sudah dikabulkan dan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka agan sista bisa mengambil sendiri akta cerai agan sista dengan membawa persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

    • Kartu Identitas (KTP)
    • Identitas Perkara atau Nomor Perkara yang terdapat pada Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) atau Surat Panggilan (Relas Panggilan).
  • Akta Cerai Diambil Keluarga
    Jika agan sista sibuk dan tidak sempat mengambil sendiri akta cerai ke Pengadilan Agama, agan sista bisa mewakilkannya kepada keluarga agan sista, misalnya ibu, ayah, anak, saudara dan seterusnya. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi saat ingin mewakilkan pengambilan akta cerai oleh keluarga adalah sebagai berikut :

    • Surat Kuasa
      Dalam surat kuasa harus ditulis dengan jelas maksud pemberian kuasa untuk mengambil akta cerai dengan menyertakan nomor perkara. Disamping itu, surat kuasa juga harus dibubuhi tanda tangan diatas materai dari pihak yang memberikan kuasa.
    • Photo Copy Kartu Identitas (KTP) Pemberi dan Penerima Kuasa
    • Surat keterangan dari kelurahan atau desa yang menyatakan hubungan kekeluargaan antara pemberi dan penerima kuasa. Agan sista juga bisa menyertakan copy kartu keluarga jika ada.
  • Akta Cerai Diambil Oleh Pengacara / Advokat / Kuasa Hukum
    Nah, bagi agan sista yang menggunakan jasa lawyer / pengacara / kuasa hukum / Advokat, agan sista bisa mewakilkan pengambilan akta cerai di pengadilan agama kepada pengacara yang agan sista tunjuk. Adapun persyaratan pengambilan akta cerai oleh pengacara adalah sebagai berikut :

    • Surat Kuasa
      Dalam surat kuasa harus secara konkrit menyebutkan keperluan seperti pengambilan Salinan Putusan, Penetapan dan atau Akta Cerai. Jika dalam surat kuasa untuk beracara belum disebutkan secara jelas, maka harus ada surat kuasa tersendiri yang isi surat kuasanya menyatakan keperluan untuk pengambilan Salinan Putusan, Penetapan dan atau Akta Cerai.Baca Juga : Ini Dia Besaran jasa Advokat Pengacara Saat Ini

Demikian beberapa syarat pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama yang dapat kang Asep informasikan. Untuk teknis atau cara mengambil akta cerai di pengadilan agama adalah sebagai berikut :

  • Ambil Nomor Antrian
    Biasanya ada petugas yang menanyakan keperluan agan sista datang ke Pengadilan Agama. Agan sista tinggal bilang saja mau mengambil akta cerai. Jangan lupa tunjukan nomor perkara kepada petugas tersebut. Jika perkara agan adalah perkara permohonan, biasanya petugas akan memberikan antrian dengan embel-embel P sebelum nomor antri, misalnya P5. Adapun jika perkara sista adalah perkara gugatan, maka petugas biasanya memberikan antrian dengan embel-embel G sebelum nomor antri, misalnya G4.
  • Mengambil Akta Cerai
    Jika nomor antrian agan sista sudah dipanggil, silahkan menghadap ke meja III atau loket akta. Jika ternyata akta cerai agan sista sudah bisa diambil, biasanya petugas akan mengarahkan agan sista untuk membayar biaya untuk pengambilan salinan putusan dan akta cerai agan sista ke loket pembayaran (kasir). Petugas di meja III atau loket akta hanya akan memberikan salinan putusan dan akta cerai agan sista setelah adanya bukti pembayaran dari kasir serta membuatkan tanda terima bukti penyerahan.

Adapun besaran biaya pengambilan akta cerai dan salinan putusan biasanya tidak lebih dari Rp. 50.000. Jika kang asep rinci, biayanya terdiri dari biaya pengambilan akta yang biasanya besarannya Rp. 20.000,- dan biaya salinan putusan yang besarannya Rp. 300,- perlembar.

Ketentuan mengenai biaya pengambilan akta cerai dan salinan putusan ini dapat agan sista lihat pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2008.

Artikel ditulis dari berbagai sumber dan Kepaniteraan Mahkamah Agung RI

Gravatar Image
Blogger pemula, Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Advokat pengacara yang fokus menangani masalah perceraian dan hukum perdata islam lain di Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Garut, Bekasi dan kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat.

78 thoughts on “Cara dan Biaya Pengambilan Akta Cerai di Pengadilan Agama

  1. Aq ceria di pandilan Agama baturaja (sumsel) blm ambil srt cerai ny ap bs d ambil d pengadilan Agama kediri … krn skrg sya tgl di kediri

  2. Saya belum ngerti nih bagaimana cara mengambil akta cerai . Saya sidang 29 juni kemarin . Untuk mengambil akta cerainya apah harus tunggu panggilan dari pengadilan agama?

  3. Saya mau tnya pak akte carai saya kan udah jadi
    Trus saya blm ambil tpi mantan suami saya mau ambil dulu kaya gitu gimna pak..??

      1. Pak mau tanya, kan yg ngurus gugat mantan istri sya, sya mau ambil akte cerai sya tpi gak ada nomor perkaranya? Itu gimna ya pak

  4. Adik saya sdh cerai dgn suaminya 3th yg lalu,bahkan suaminya sdh kawin lg dgn wanita lain..berhubung skrg ingin mbina rumah tangga lg,adik saya mbutuhkan akta cerai,gimana ya pak??

  5. Saya sudah putusan hakin dr tgl 26 mei 2016 saya suruh tunggu 3bln tpi setelah saya tlp berkali” dan bolak balik k pengadilan kenapa akta cerai saya belum turun juga ya sampai skrg? Saya harus bagaimana ya karna syaa butuh sekali aktanya agar saya bisa nikah lg mhon d bantu

  6. Selamat sore pak, saya ingin minta solusi dari bapak , saya sudah cerai sepertinya di tahun 2003 atau 2004 tapi sampai sekarang saya belum akta cerai itu sedangkan sejarang saya baru sadar pentingnya akta cerai itu.

    saya sudah lupa nomor perkara dll nya , kondisi sekarang pun sudah putus hub dgn mantan saya , setau saya dia sudah nikah lagi ( wkt itu dia ada ambil akta cerai milik dia ) jadi sekarang saya hrs ambil kemana & bgmn cara nya ?

    Harap bapak dpt memberikan solusi.
    Terima kasih.

  7. Assalamu’alaikum wrwb,
    Pak Asep..

    Mohon infonya,
    1. apakah akta cerai yang dikeluarkan pengadilan agama hanya untuk satu pihak saja (misalkan untuk pihak penggugat saja) ?
    2. Jika pihak tergugat tidak pernah menghadiri sidang sama sekali, sehingga keluar keputusan hukum yg tetap dan akta cerai diterbitkan, apakah pihak tergugat bisa mengambil akta cerainya juga?
    3. Bagaimana mengatasi hal tentang akta nikah tergugat yang dipegang oleh penggugat. Karena tergugat sudah tidak ingin bertemu dengan penggugat. Apakah tergugat bisa mendapatkan akta nikah duplikat?

    Sedikit gambaran info, bhw kondisi yg terjadi adalah pihak penggugat dan tergugat sudah sulit untuk berkomunikasi karena emosi dan kemarahan yang tidak bisa dimediasi. Dan pihak tergugat sengaja dihalangi oleh keluarganya agar tidak menghadiri sidang, karena jika sidang dihadiri, maka akan ada aib yang terbuka dan masalah bisa jadi lebih besar.

    Demikian pertanyaan2 ini sy ajukan. Mohon bantuan dan penjelasannya.

    Terimakasih.
    Wassalam

  8. Surat cerei suami saya dlu hilang. Shingga selama 7 th ini saya hnya menikah agama. Bisakah kami mngurus surat ikah resmi tanpa surat cerei dari suami

  9. slmt pg pak asep,,
    mohon petunjuk dr bpak ini ttg cara pengambilan akta cerai saya,,
    karena saya tdk d kasih nomor identitas perkaranya,,
    karena waktu sy d ceraikan saya sedang tdk brada di indonesia.
    jd sy juga tdak tau surat panggilan nya,
    menurut info dr mantan suami saya syarat pengambilan d pengadilan nya cm menggunakan copy surat nikah dan ktp aja,,
    sedangkan ktp sy juga sdh mati ..
    apa itu bisa d pkai syarat pengambilan untuk akta cerai saya pak asep,,
    mohon bantuan infonya,,
    terimakasih ,,,

  10. Mohon info dong mint? Akta cerai pihak wanita dan pihak pria itu sendiri2 atau hanya mendapatkan 1 akta cerai itu untuk bersama mint?

  11. Selamat siang pak..
    Sya mau tanya akte cerai itu di ambil masing2 atau gimana??
    Apakah istri bisa mengambil akte cerai suami..??

  12. Selamat sore Kang Asep,

    Saya mau tanya. Saya memiliki hubungan dengan duda, namun ketika saya minta akte cerainya dia bilang belum jadi. Dia hanya menyerahkan surat talak cerai kepada istrinya pada des 2015 brrti sudah hampir 1 tahun..
    Dia bilang akte cerai baru bisa diambil jika dia membayar sejumlah uang. yang saya tanyakan adalah:
    1. Apakah surat talak cerai tsb sudah menjadi acuan bahwa mereka resmi bercerai?
    2. Apakah bercerai membutuhkan uang yg banyak untuk ambil akte?
    3. Jika seorang pria bercerai, berapa jangka waktu untuk menikah lagi?
    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.
    Matur suwun.
    Sheila

    1. 1. Sebaiknya tunggu akta cerainya. Kalau secara negara itu tidak bisa jadi acuan. nanti pasti diminta akta cerai di KUAnya.
      2. Biaya perceraian mungkin cukup mahal tapi tidak terlalu mahal saya rasa kalau ngurus sendiri (bukan dikuasakan ke pengacara). Untuk biaya pengambilan akte cerainya sendiri cukup terjangkau saya rasa.
      3. Jangka waktu ini mungkin maksudnya seperti masa iddah pria ya. Beberapa sumber yang pernah saya baca menjelaskan dalam agama islam tidak ada masa iddah untuk kaum pria.

      1. Assallamuallaikum kang asep sya mau tanya sya tergugat tpi slma persidangn sya gx prnh hadir,apakh akta cerai masih bisa sya ambil sedangkan sudah hampir 3th sya blum ambil apakah ada syarat”a untuk pengambilan akta cerai itu dan apakah akan mengeluarkan biaya bgi tergugat mohon pencerahannya kang..
        Wassallam

        1. Waalaikumsalam pak firman bisa datang langsung ke pengadilan membawa KTP dan nomor perkaranya (ada di surat panggilan). Ada biaya untuk pengambilan putusan berikut aktenya.

  13. Assalamualaikum.wr.wb
    numpang nanya pak,misalnya seorang lelaki yg ingin menikah lagi,sementara masih proses perceraian di pengadilan,bisa tidak melaksanakan nikah resmi di KUA?
    dan dengan minta surat izin atau surat keteranfan cerai dulu
    supaya bisa menikah di KUA?
    Terima kasih

  14. Saya mau tanya kang asep,,nma saya samir dari banjar negara,,saya adalah tergugat cerai,,tapi saya tidak pernah hadir dalam persidangan,,apa saya bisa mengambil surat cerai saya di pengadilan kapan kapan,?mohon keterangan nya,,kalau bisa kirim jawaban nya,ke email zaya ya kang asep,,terima kasih

  15. Saya ingin menyanyakan beberapa hal.
    1. Bisakah mengambil akta cerai diwakilkan? Apa yg dimaksud dgn syarat harus ada hubungan keluarga? Bagaimana bila tidak satu KK? Apakah bisa? Apakah fc ktp & surat kuasa bermaterai cukup?

    2. Bila akta cerai telah diambil oleh pihak penggugat, apakah masih ada salinannya di PA? Jika suatu waktu salah 1 pihak ingin memiliki akta cerai yang sudah diambil oleh penggugat..?

    Terimakasih

  16. ass.wr.wb. pak, saya mau nanya, apakah putusan akte cerai terbit bisa direvisi pak, berhubung alamat tergugat tidak sesuai dengan ktp (tidak sepatutnya menjadi alamat yang benar ) , kalau bisa bagaimana tata cara pengurusannya. Berhubung saya nanya ke Kantor DEPAG, jawabannya seenaknya , terima kasih

    1. Tidak perlu disesuaikan dengan ktp.
      Oh ya kalau ada masalah/pertanyaan mengenai akte cerai dll sebaiknya ditanyakan ke pengadilan agama langsung, jangan ke kantor depag karena sekarang Pengadilan agama tidak berada dilingkungan kementrian agama tapi sudah berada dilingkungan mahkamah agung seperti halnya pengadilan negeri.

  17. ass.. saya sudah mengajukan cerai dan sudah bayar biayanya terus di kasih tanggal sidangnya saya dan mantan istri saya tidak datang sampai skrng sudah 3 taun. saya mau ambil akte cerainya gimana?
    terimakasih.

  18. Assalamualaikum, Pak. Saya sudah putusan sidang tgl 25 Juli dan tinggal menunggu akta cerai saja. Tapi setelah 2 bulan lebih blm jadi dgn alasan dari PA Tangerang/Tigaraksa tempat suami blm ada konfirmasi ke PA Bogor sehingga PA Bogor tidak bisa membuatkan akta cerainya. Harus menunggu konfirmasi dari PA Tangerang/Tigaraksa. Disarankan sy tlp menghubungi PA Tangerang/Tigaraksa meminta spy konfirmasi perkara no sekian atas nama sy segera dibuat dan dikirim ke Bogor. Saya sudah lakukan melalui email tp blm ada respon. Langkah apakah yg sebaliknya saya tempuh agar ada kepastian kapan akta cerai sy bisa keluar? Terima kasih.

  19. Assalamualaikum pk …
    Mau nanya dulu saya menikah di tegal ,,, lalu suami saya mengajukan gugatan cerai di jakarta dan akta verai suami sudah keluar ,,, apakah saya harus ke pengadilan jakarta untuk mengambil akta ,, atau bisa di ambil mantan suami saya pk .

  20. Pak saya mau tanya, kalo saya gugat suami itu prosesnya lama ga ya untuk mendapatkan akte cerainya. Benar ga sih cuma 2 minggu saja, dan apakah biaya yg dikeluarkan mahal pak..
    Terimakasih sebelumnya..

  21. aslm, selamat pagi kang, mau tanya kang asep jika perempuan yang melakukan gugatan kenapa lama sekali proses untuk mendapat kartu kuning ?

  22. Saya mau nanya nih kang asep,,,
    Bagaimana cara pengambilan akta cerai tanpa adanya surat pengambilan,, di krenakan surat trsebut hilang???
    Terimakasih kang

  23. Pak mau tanya akte cerai ghoib berapa lama ya. Ko akte cerai saya belum jadi sedangkan keputusan hakim sudah dari tanggal 12 oktober kemarin. Jadi udah hampir 2 bulan akte cerai belum jadi. Kira kira paling lama berapa bulan akte cerai jadi

  24. mau tanya bang,setelah resmi cerai apakah data sang suami kembali ke daerah asal atau harus mengurus surat pindah lg…trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *